Posted in Tips & Tricks

Cara Ampuh Mengusir Insomnia

Cara Ampuh Mengusir Insomnia Posted on September 27, 2018Leave a comment

Sedang tidak berencana begadang untuk membuat tugas tetapi sulit untuk tertidur meskipun badan terasa lelah? Mungkin kamu mengalami gejala insomnia. Kurangnya waktu tidur sehari-hari dapat membuat badan menjadi tidak segar dan menjadi sulit untuk berkonsentrasi saat belajar. Kamu pun berjuang mati-matian untuk dapat melawan rasa ngantuk saat sedang mendengarkan penjelasan guru atau dosen. Lalu, seperti apa cara untuk mengatasinya?

Berdasarkan beberapa sumber, Insomnia dapat disebabkan oleh faktor stres, depresi, masalah psikologis, pereasaan cemas atau khawatir yang berlebihan, maupun kondisi medis.

Ketika otak masih sibuk bekerja atau memikirkan berbagai hal seperti akan seperti apa soal-soal ujian besok, bagaimana menghadapi dosen A ketika di kelas, atau bagaimana menarik perhatian si doi yang super cuek. Selelah apapun badanmu, kamu tetap tidak dapat terlelap. Untuk itu, ada baiknya untuk lebih rileks saat malam hari. Yuk simak tips di bawah untuk mengatasi insomnia:

Tenangkan dirimu pada saat hendak tidur. Kamu dapat mengatur posisi tidur yang menurutmu paling nyaman, mengatur sedemikian mungkin posisi bantal atau guling sehingga membuatmu lebih pewe. Lingkungan dan suasana yang lebih tenang akan membuatmu melupakan sejenak pikiran-pikiran yang dapat mengacaukan tidurmu. Kamu dapat menyalakan musik dengan tempo perlahan, dan matikan dering ponselmu yang dapat mengganggu ketenangan.

Matikan lampu kamar karena dengan kondisi yang gelap, kamu akan terangsang untuk tidur. Lampu yang terang benderang akan menyulitkanmu untuk dapat tidur dengan nyenyak. Mematikan lampu dapat membantu mengurangi kewaspadaan dan membuatmu lebih cepat tidur. Jika kamu merupaakn orang yang takut akan gelap, kamu dapat menyalakan lampu belajar di sudut kamarmu atau menggunakan penutup mata.

Menghindari konsumsi kafein sebelum tidur. Jika tidak berencana untuk mengerjakan tugas hingga larut malam, sebaiknya tidak banyak mengkonsumsi kafein, atau mengkonsumsinya maksimal dua jam sebelum tidur. Hal ini disebabkan kafein dapat membuatmu menjadi mampu membuka mata lebih lama ketimbang tidur dengan pulas.

Menjaga pola tidur yang baik. Kebiasaan tidur terlalu malam dapat membuatmu menjadi sulit untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik dan cenderung lebih mudah terkena insomnia. Selalu mengusahakan diri untuk dapat tidur dan bangun di waktu yang konsisten di setiap harinya. Buatlah jadwal tidurmu dengan jumlah waktu tidur 7-8 jam per harinya dan pertahankan waktu tersebut.

Susu hangat sebagai pengganti kafein. Ya, sebagai pengganti dari kafein, kamu dapat menikmati segelas susu hangat yang dicampur dengan madu atau kacang yang dapat membantu tubuhmu menjadi lebih rileks dan mudah tidur. Cara kerja madu seperti gula, yaitu memiliki efek sedatif seperti ‘obat penenang’ sehingga membuat mudah terlelap.

Meditasi untuk menghilangkan stress, menenangkan tubuh, pikiran serta saraf. Hal ini dapat memperlancar sirkulasi darah dan membuatmu lebih cepat terlelap. (*/RK)

By Debora Thea

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *