Posted in Tips & Tricks

Ini Pilihan Jurusan Kekinian dengan Prospek Karir yang Cemerlang

Ini Pilihan Jurusan Kekinian dengan Prospek Karir yang Cemerlang Posted on January 18, 2022Leave a comment

Memasuki era jaman now, masih galau untuk memilih jurusan? Atau masih bingung menyesuaikan jurusan dengan karir kamu di masa depan? Meskipun sulit, namun kini sudah mulai banyak universitas yang membuka jurusan atau program studi mereka yang sesuai dengan minat dan bakatmu, bahkan hingga bisa membantu kamu mempersiapkan karir yang menjanjikan. Riset terkait jurusan, menjadi aspek penting untuk membantu kamu menemukan pilihan yang tepat serta memberikan gambaran pro dan kontra jika kamu memilih jurusan tersebut. 

Salah satu riset yang bisa kamu ambil informasinya yaitu pada artikel DQLab yang satu ini. Dalam artikel ini akan membahas beberapa jurusan yang pastinya bisa relate dengan generasi Z maupun bagi kamu yang ingin memilih jurusan sesuai minat dan prospek karir yang cemerlang dan menjanjikan. Penasaran? Yuk, langsung saja simak pembahasan berikut ini sampai habis ya!

1. Ilmu Komunikasi

Sesuai dengan namanya, jurusan ini pada pembelajarannya yaitu menyampaikan pesan secara efektif dari komunikator ke komunikan melalui berbagai channel (medium). Namun, memasuki revolusi industri 4.0, jurusan Ilmu Komunikasi atau akrabnya dikenal dengan Ilkom menjadi jurusan yang sangat cemerlang prospek karirnya. Hal ini, sudah banyaknya perusahaan yang membutuhkan seorang marketer sekaligus PR dan juga seorang content creator/ content writer untuk membantu aktivitas perusahaan tersebut. 

Terlebih jika perusahaan atau organisasi tersebut berada di ranah digital, maka dalam jurusan Ilmu Komunikasi kamu akan mendapatkan mata kuliah seperti pengantar Ilmu Komunikasi, public speaking, IMC, Statistika sosial, branding, Riset pemasaran dan bisnis, hingga belajar Big Data untuk membantu mendapatkan sumber informasi data yang besar dan tepat serta dapat digunakan bagi tujuan perusahaan atau organisasi.

Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!

2. Kriptografi

Mungkin kamu sedikit asing mendengar jurusan yang satu ini, sederhananya jurusan Kriptografi akan mempelajari teknik matematika dan kemudian teknik tersebut dihubungkan dengan aspek keamanan informasi seperti kerahasiaan, autentikasi, integrasi, dan juga keabsahan. Jika kamu berminat untuk membangun karir di bidang komputer sains maka jurusan ini menjadi pilihan yang tepat buat kamu. 

Sebagian besar pekerjaan kriptografi setidaknya akan membutuhkan lima tahun pengalaman di bidang keamanan teknologi informasi. Skill yang kamu dapatkan jika memilih jurusan ini yaitu hampir sama dengan para profesional kriptografi yaitu bahasa pemrograman yang umum biasa digunakan yaitu Python, Java, dan C++.

3. FinTech

FinTech merupakan akronim dari Financial Technology yang menjadi sebuah inovasi di industri layanan keuangan. Jika kamu memiliki minat untuk membantu mendorong dan meningkatkan di industri layanan keuangan, maka jurusan fintech merupakan pilihan yang tepat karena pada pembelajarannya mahasiswa memungkinkan akan memahami lebih dalam tentang munculnya model bisnis baru di bidang pembayaran, perbankan, asuransi, dan juga manajemen kekayaan yang dipengaruhi oleh pembelajaran Machine Learning, Big Data dan juga AI. 

Kurikulum jurusan fintech nantinya kamu akan belajar  seperti Introduction to Business, Calculus for Business, Business Data Analytics, Data Mining dan Machine Learning, dan lainnya. Adapun beberapa lanskap pekerjaan sebagai lulusan dari jurusan Fintech yaitu Investment Analyst, Finance Manager, Blockchain developer, dan masih banyak lainnya.

4. Cyber Security

Jurusan yang satu ini terbilang hampir sama dengan Sistem Informasi, namun studi dalam Cyber Security berbeda dan memiliki keunggulannya tersendiri karena cenderung pada ruang siber. Di era yang serba digital ini, sering terjadinya hacking atau peretasan yang terjadi di ruang siber dan memungkinkannya perusahaan membutuhkan seseorang terampil dan ahli di bidangnya. Jurusan cyber security atau keamanan siber hadir atas adanya perkembangan dunia teknologi tersebut dan menjadi jurusan yang dapat diharapkan memberikan dampak positif sehingga terhindar dari serangan di ruang siber.

Secara umum, pada jurusan ini akan berhubungan dengan dunia IT yaitu mempelajari data terstruktur, software engineering, network programming, ilmu matematika dasar, dan lainnya. Prospek kerjanya pun dapat dipastikan terbuka lebar, karena hampir seluruh lini industri bekerja sama dengan lulusan cyber security diantaranya Computer Forensic analyst, security engineer, cyber security consultant, Secure software developer, dan lainnya.

Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!

5. Sistem Informasi

Pastinya sudah tidak asing lagi bukan dengan jurusan yang satu ini, fokus jurusan sistem informasi adalah dimana teknisnya akan berhubungan dengan teknologi intelligent untuk mengatasi suatu masalah dalam bisnis. Pada jurusan SI akan melibatkan desain, penyampaian, dan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif untuk memecahkan masalah bagi perusahaan, organisasi, atau bahkan pemerintahan sekalipun. Sehingga, jika kamu minat berkarir sebagai lulusan SI berbagai posisi tersedia di industri yaitu menjadi Software Developer, Management Analyst, Web Developer, Computer Programmer, dan lainnya.

Bagaimana, banyak pilihan jurusan yang menarik bukan? Meningkatkannya sarjana lulusan yang melek data, hal ini menjadikan perusahaan meningkatkan kebutuhan tenaga kerja yang ahli dibidangnya bahkan seorang praktisi data sekalipun. DQLab memberikan untuk calon talenta data yang ingin memiliki prospek karir yang cemerlang baik dari latar belakang pendidikan IT dan NON IT sekalipun. Selangkah lebih maju dengan melek data dan merajut karir hingga ke jenjang yang lebih tinggi!

By: Agnes Nurlisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *