Posted in kuliah Tips & Tricks

Mahasiswa Baru? Kenali Dulu 9 Singkatan dan Istilah Ini

Mahasiswa Baru? Kenali Dulu 9 Singkatan dan Istilah Ini Posted on September 27, 2018Leave a comment

Dunia SMA dan dunia kuliah memang dua dunia yang berbeda. Banyak istilah-istilah baru yang digunakan di universitas dan tidak digunakan saat kita masih duduk di bangku sekolah. Alhasil kita jadi kebingungan saat kakak kelas bertanya mengenai jumlah SKS dan UKM yang kita ikuti. Apa itu UKM dan SKS?

Lalu apa pula itu KRS, IPK, dan IPS serta sederet istilah lain yang belum pernah kita dengar? Jangan sedih dulu kalau kita belum paham istilah-istilah tersebut. Yuk, cari tau artinya di bawah ini!

1. SKS
Sistem Kredit Semester atau yang dikenal dengan singkatan SKS ini pada dasarnya akan menentukan jumlah mata kuliah yang dapat kamu ambil dalam satu semester. Untuk lulus  program Strata 1, kamu membutuhkan sedikitnya 144 SKS.
Nah, tidak semua mata kuliah memiliki bobot SKS yang sama. Ada mata kuliah yang berbobot 1 SKS, bahkan ada yang hingga 4-6 SKS.

2. IPS
Indeks Prestasi Semester (IPS) ini merupakan nilai rata-rata yang kamu dapatkan dalam satu semester. Nilai ini nantinya akan mempengaruhi jumlah SKS yang  bisa kamu ambil di semeter berikutnya.

3. IPK
Merupakan kepanjangan dari Indeks Prestasi Kumulatif. IPK merupakan rata-rata dari keseluruhan nilai mata kuliah yang kamu ambil dari semester 1 sampai semester terakhir. Nilai IPK dimulai dengan skala 1,00 hingga 4,00.

4. KRS
Singkatan dari Kartu Rencana Studi. Ini adalah daftar mata kuliah yang akan kamu ambil untuk satu semester. Banyaknya mata kuliah yang bisa kamu ambil dan kamu daftarkan di KRS ini tergantung dari IPS semester lalu. Kamu bebas memilih mata kuliahmu tetapi ada baiknya sebelum menyusun KRS, kamu konsultasi terlebih dahulu dengan Dosen Pembimbingmu ya.

5. Dospem/PA
Dosen Pembimbing (Dospem) atau Pembimbing Akademik (PA) fungsing mirip dengan wali kelas kamu saat masih di bangku sekolah. Tugas mereka adalah memberikan arahan dan bimbingan mengenai mata kuliah yang lebih baik diambil dan juga membantu memberikan solusi serta motivasi kepada mahasiswa jika ada kesulitan dalam studinya.

6. UKM

Merupakan kepanjangan dari Unit Kegiatan Mahasiswa. Ini sama dengan ekstrakurikuler yang biasa kamu ikuti saat di sekolah dulu. UKM yang ada di universitas sangat beragam, mulai dari kesenian, olahraga, pecinta alam, hingga membuat game dan robot. Menarik bukan? Pilihlah UKM yang sesuai dengan minat dan bakat kamu.
Oya, melalui UKM ini juga kamu bisa meningkatkan softskill selama kuliah. Jadi jangan sampai enggak ikut UKM ya.

7. KTM
Kamu bakalan resmi jadi mahasiswa kalau kamu sudah memegang Kartu Tanda Mahasiswa (KTM). Ini merupakan tanda pengenal bahwa kamu merupakan mahasiswa di suatu perguruan tinggi. Dengan menunjukkan KTM, kamu berhak menggunakan fasilitas-fasilitas yang disediakan di kampusmu, seperti meminjam buku di perpustakaan, meminjam lapangan di kampus, bahkan mendapatkan diskon dari vendor-vendor yang bekerja sama dengan kampusmu.

8. SP
Dikenal sebagai Semester Pendek. Semester ini berbeda dari semester reguler perkuliahan yang biasa kamu ikuti. Lewat SP, kamu berkesempatan untuk memperbaiki nilai mata kuliah yang sudah pernah kamu ambil, memperpendek masa studi, hingga mengejar ketertinggalan mata kuliah yang belum sempat kamu ambil di semester-semester sebelumnya.

 

Dengan mengetahui istilah-istilah ini, kamu boleh pede untuk masuk melangkah jadi mahasiswa baru. Enggak ada lagi bingung kalau ditanya bedanya IPS dan IPK. Selamat menadi mahasiswa, ya! (*/GN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *