Posted in Tips & Tricks

Merantau Saat Kuliah: Pilih Kost, Asrama, Kontrakan, atau Tinggal di Rumah Saudara?

Merantau Saat Kuliah: Pilih Kost, Asrama, Kontrakan, atau Tinggal di Rumah Saudara? Posted on October 1, 2018Leave a comment

Buat kamu yang memilih untuk menempuh Pendidikan tinggi di universitas yang jauh dari rumah , memilih tempat tinggal baru merupakan hal yang kursial. Buat para mahasiswa, mungkin kost merupakan sebuah pilihan yang paling sering didengar. Cuma tahukah kamu, selain kost ada pula 3 pilihan lain yang bisa kamu jadikan pertimbangan untuk dijadikan hunian selama kamu menempuh Pendidikan kamu di perguruan tinggi pilihan.

 

Apa saja itu? Jurusankuliah.id akan memberikan 4 opsi yang bisa kamu pilih sesuai dengan budget serta kebutuhan kamu beserta dengan plus minusnya. Yuk, kita lihat.

1. Kost
Rumah kos akan menyediakan satu kamar khusus buat kamu yang sudah lengkap dengan fasilitas penunjang sehari-hari. Soal harga sangat variatif, mulai dari yang terjangkau dengan fasilitas sederhana hingga yang harganya mahal dengan fasilitas jauh lebih lengkap dan jaraknya sangat dekat dengan kampus.

Kelebihan:

  • Karena jaraknya yang cukup dekat dengan kampus, kamu enggak perlu bangun buru-buru saat kuliah pagi. Kamu pun dijamin bebas dari macet. Lalu, kalau ada jeda kuliah yang terlampau lama, kamu bisa balik dulu ke kost dan beristirahat sejenak.
  • Hemat biaya transportasi apalagi kalau misal kamu berhasil menemukan kost yang jaraknya ke kampus cukup ditempuh dengan jalan kaki.

 

Kekurangan:

  • Tinggal di kost berarti kamu harus mengurus diri kamu sendiri beserta dengan keperluannya. Mulai dari cuci baju, masak, dan beres-beres kamar. Hal ini di satu sisi akan membuat kamu jadi lebih mandiri. Tapi kalau tidak pandai-pandai membagi waktu, kamu akan pusing saat harus mengurus kebutuhan kamu dan kegiatan kampu beserta tugas-tugas yang menanti untuk dikerjakan.
  • Biaya kost yang dekat kampus dan lengkap fasilitasnya biasanya memiliki harga yang cukup tinggi. Jadi harus pintar-pintar mencari yang terbaik dan sesuai dengan budget.
  • Kita tidak tahu kapan kejahatan akan terjadi. Jadi saat memilih untuk tingal di kost, kita pun harus tetap waspada karena sekarang kita tinggal sendiri dan tidak Bersama dengan orang tua.

2. Asrama (Dormitory)
Beberapa kampus menyediakan asrama yang dikelolanya sendiri. Kalau kampus kamu memiliki fasilitas seperti ini berbahagialah karena beberapa orang tua merasa lebih nyaman untuk menitipkan anaknya untuk tinggal di asrama milik kampus.

Kelebihan:

  • Fasilitas yang dimiliki asrama enggak kalah lengkap dengan yang dimiliki oleh kost. Harga yang ditawarkan pun bersaing bahkan bisa lebih murah dibanding kost-kost yang ada di sekitar kampus.
  • Masalah keamanan enggak perlu dipertanyakan lagi karena dikelola sendiri oleh kampus dan dijaga oleh satpam serta petugas asrama.
  • Karena diisi oleh mahasiswa-mahasiswa kampus juga, kita jadi akan lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan dan kehidupan kampus.

 

Kekurangan:

  • Buat kamu yang menjunjung tinggi privasi, mungkin harus bertoleransi banyak karena jarang ada kamar asrama yang menyediakan kamar untuk satu orang. Minimal diisi oleh dua orang.
  • Kamu harus siap sedia mematuhi peraturan-peraturan yang diberikan oleh asrama seperti jam malam.
  • Banyak kampus yang hanya menyediakan asrama bagi para mahasiswa baru. Jadi setelah 1 tahun, kamu harus putar otak untuk mencari hunian lainnya.

3. Rumah Kontrakan
Rumah kontrakan merupakan pilihan yang cukup menjanjikan buat para mahasiswa. Mungkin penerapannya mirip seperti kost hanya kali ini kamu enggak cuma menyewa satu kamar saja melainkan satu rumah atau apartemen.

 

Kelebihan:

  • Kamu bisa mengajak teman-teman kamu yang sama-sama merantau untuk tinggal bersama. Kalian pun bisa jadi lebih kompak.
  • Kamu bisa menyiasati budget lebih banyak karena kamu akan sharing budget dengan teman-teman sekontrakan.
  • Rumah kontrakan enggak punya peraturan seperti kalau tinggal di kost atau asrama. Peraturannya kamu buat sendiri.

Kekurangan:

  • Kamu harus mengurusi iuran listrik, bayar tagihan air, ganti gas sendiri.
  • Walaupun biaya sewa rumah lebih murah tetapi ingat kamu juga punya iuran lain seperti iuran kebersihan dan keamanan lingkungan yang harus kamu bayar.
  • Tinggal dengan orang lain yang punya latar belakang dan kebiasaan yang berbeda bukan hal mudah. Kamu harus banyak beradaptasi dan bertoleransi untuk mengatasinya.
  • Tidak seperti asrama yang punya tingkat keamanan tinggi, di rumah kontrakan kamu harus lebih ekstra dalam menjaga keamananmu dan barang-barang milikmu sendiri.

4. Rumah Saudara
Buat kamu yang masih punya famili di daerah tempat kamu berkuliah, rumah mereka bisa dijadikan sebua opsi tersendiri untuk ditinggali karena selain lebih aman, kamu pun jadi lebih bisa memangkas budget.

Namun tentu saja tinggal dengan saudara seringkali menimbulkan rasa sungkan. Belum lagi kalau kamu harus berinteraksi dengan saudara-saudara kamu di sana jadi kamu pun merasa kurang bebas dan leluasa melakukan kegiatanmu. Kamu pun tidak bisa pulang terlalu malam dengan alasan mengerjakan tugas karena akan mengganggu penghuni rumah yang lain.

 

Jadi dari empat opsi di atas mana yang akan kamu pilih menjadi tempat tinggal sementaramu? (*/GN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *