Posted in cita-cita kuliah Tips & Tricks

Tren Big Data di Dunia Kerja, Bantu Mahasiswa untuk ‘Melek Data’

Tren Big Data di Dunia Kerja, Bantu Mahasiswa untuk ‘Melek Data’ Posted on January 21, 2022Leave a comment

Pastinya kamu pernah mendapatkan notifikasi email berupa potongan harga di hari ulang tahun kamu? Atau mungkin pernah mendapatkan kupon gratis ongkos kirim ketika berbelanja di e-commerce? Salah kedua tersebut menjadi contoh dari penggunaan Big Data di industri lho, dimana Big Data akan mengumpulkan informasi metode pembayaran, histori pembelian, hingga perilaku pelanggan ketika mereka mencari jawaban atas kebutuhan mereka. Kata ‘Big Data’ pasti sering terdengar oleh kamu, hal ini karena Presiden Jokowi mengatakan bahwa data adalah ‘the new oil’ yang artinya menjadi sebuah ‘harta karun’ yang sangat berguna bagi transformasi digital ini. Data tidak hanya memberikan insight saja tapi juga bisa membantu decision making yang akurat karena berdasarkan kumpulan data yang dimiliki.

Dalam artikel DQLab ini akan membahas trend Big Data lebih lengkap untuk generasi muda yang sudah harus mulai melek data. Yuk, langsung saja simak artikel berikut ini!

1. Apa itu Big Data?

Big Data, sesuai dengan namanya merupakan sebuah konsep yang besar dan kompleks dimana membutuhkan waktu yang tidak sebentar dalam mendefinisikan makna dari data tersebut. Big Data menggambarkan volume data yang jumlahnya besar sehingga akan mendapatkan jenis data terstruktur dan data tidak terstruktur dan hampir setiap harinya volume data tersebut akan terus bertambah. Seiring bertambahnya perkembangan yang ada, karakteristiknya pun juga bertambah yaitu terdapat 5V: Volume, Velocity, Variety, Veracity, dan Value. 

Trend Big Data di era digital ini semakin pesat pertumbuhannya, karena manfaat big data sendiri lebih cepat mendapatkan pada suatu hasil ketimbang harus melakukannya secara tradisional yang membutuhkan tenaga dan biaya yang tidak sedikit, maka dari itu tidak heran organisasi ataupun perusahaan bisnis menggunakan tren Big Data sebagai salah satu aset penting dalam kegiatan operasionalnya. 

Baca juga: Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer

2.Penggunaan Big Data di Industri

Setelah mengetahui konsep dari Big Data itu apa, maka penggunaan Big Data tidak lagi menjadi suatu hal yang diragukan. Tidak hanya memberikan suatu kumpulan data yang sifatnya tidak bias namun juga bisa memberikan sebuah insight yang bisa dikorelasikan di berbagai lini industri. Salah satu contoh yang dekat dengan kita yaitu di industri hiburan Netflix, Spotify, Youtube, dan aplikasi streaming lainnya yang sudah menerapkan Big Data Analytics yang dimana memanfaatkan AI dengan algoritma Machine Learning kedalam program mereka seperti memberikan rekomendasi pilihan hingga dapat melakukan personalisasi tontonan berdasarkan histori pelanggan. Dengan begitu, perusahaan akan lebih hemat biaya, waktu dan juga efisiensi dalam bekerja.

3. Mengapa Penting Belajar Data?

Ketika kamu sudah membaca penjelasan pada kedua poin tersebut mungkin terlintas di benakmu ‘apakah penting bagi saya untuk belajar data?’ tentu iya! Memasuki revolusi industri 4.0, nantinya akan semakin besar peluang bagi kamu terutama sebagai mahasiswa yang akan dekat dengan penggunaan Big Data hingga mendorongmu untuk mulai belajar data. 

Tanpa kita sadari, bahkan saat ini juga kita sudah mulai membiasakan diri kita mengenal lebih dekat dan mulai beradaptasi dengan kecanggihan teknologi yang memanfaatkan Big Data. Mulai dari melakukan metode pembayaran di e-commerce, mencari perabotan rumah di mesin pencarian, atau bahkan memesan tiket keluar negeri hanya dari aplikasi travel agent. Hal ini, menjadi sebuah tantangan bagaimana menghadapinya dan disatu sisi lainnya menjadi sebuah kesempatan yang baik untuk menjadi mahasiswa yang melek data di industri!

Baca juga: Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!

4. Masa Depan Big Data di Ranah Edukasi

Belajar dan berkarir di bidang Data kini tidak hanya dari latar belakang pendidikan IT saja, bagi kamu NON IT kini juga sudah bisa ikut belajar data di era digital ini . Peran Big data akan terus meningkat dan memungkinkan memajukan penelitian yang baru, namun sayangnya penggunaan big data dengan talenta data berbanding jauh sehingga banyak perusahaan yang mulai berlomba-lomba mencari talenta data yang bisa membantu operasional mereka.

Dengan mulai belajar data, kamu bisa lho mendapatkan kesempatan dan manfaat yang lebih! Tidak hanya mendapatkan skillset seperti pandai melakukan analitik, tapi kamu juga mendapatkan peluang berkarir di bidang data dengan gaji yang tinggi dan prospek kerja yang cemerlang di era digital! Sedang mencari tempat belajar yang fleksibel? Kamu bisa mencoba lho belajar Data Science secara gratis di DQLab.id, mulai dari module yang lengkap terstruktur dan ada fitur project yang bisa langsung kamu aplikasikan pembelajarannya! 

Yuk, saatnya menjadi generasi muda yang melek data dan siap hadapi revolusi industri 4.0!

Penulis: Agnes Nurlisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *